Cetak

RAPAT EVALUASI PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI KEPANITERAAN

Ditulis oleh Kepegawaian on .

Kegalauan Panitera PA se Jawa Tengah

dan Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Administrasi Kepaniteraan

 

Semarang׀ pta-semarang.go.id (15/10/18)

1

Pengadilan Tinggi Agama Semarang dalam dua hari, Senin 15 Oktober 2018 dan Selasa 16 Oktober 2018, mengumpulkan para Panitera dan Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama se Jawa Tengah untuk melakukan evaluasi penyelenggaraan administrasi Kepaniteraan Peradilan Agama se Jawa Tengah. Kegiatan yang bertajuk Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Administrasi Kepaniteraan Peradilan Agama di wilayah PTA Semarang dalam Rangka Reformasi Birokrasi ini merupakan buah dari kegalauan para Panitera PA se Jawa Tengah yang beberapa minggu ini mendapatkan penilaian atas kinerja mereka, baik yang diberikan oleh PTA Semarang di sela-sela acara Pembinaan Ketua Kamar Agama MARI pada 28 September 2018 maupun penilaian kinerja PA yang disampaikan oleh Dirjen Badilag.

 

Sebagaimana yang telah disampaikan Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H., Ketua PTA Semarang, sesaat sebelum membuka acara secara resmi, bahwa Bapak Dirjen Badilag dalam 2 minggu terakhir telah melakukan 2 kali penilaian terhadap kinerja 359 Pengadilan Agama di Indonesia melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP). Dari hasil penilaian tersebut Pengadilan Agama di Jawa Tengah ada yang memperoleh penilaian tertinggi atas kinerjanya, yaitu PA Temanggung dengan nilai 94,51% namun ada pula yang memperoleh nilai terendah dan berada dalam zona kuning, yaitu PA Karanganyar yang nilai kinerjanya dibawah 75%. Kondisi ini yang membuat para Panitera bertanya-tanya, dimanakah salahnya?, sistemnyakah? Cara kerjanyakah? Semangat kerjanyakah? Maka bersama PTA Semarang diwujudkan acara ini.

IMG 6990

Panitera Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Tukiran, S.H., M.H. sebagai Ketua Panitia melaporkan bahwa latar belakang diselenggarakannya kegiatan ini adalah: pertama, adanya arahan dan harapan Pimpinan PTA Semarang agar PA se Jawa Tengah mampu meraih prestasi yang terbaik. Harapan itu akan terwujud bila ada satu system parameter yang baik, yaitu kinerja/performance yang berkaitan dengan komitmen dan system yang baik. Harapan Pimpinan salah satunya diwujudkan melalui evaluasi pada aspek administrasi kepaniteraan yang efektf dan efisien.

Kedua, fakta adanya perbedaan implementasi Buku II, dan Peraturan Perundang-undangan (Perma dan SEMA), perbedaan persepsi pengelolaan keuangan perkara (BAPP), dll. Dengan evaluasi ini diharapkan bisa meminimalisir perbedaan yang sering menjadi satu kesalahan dengan cara menyusun standar umum.

Maksud dan tujuannya: pertama, untuk menyamakan persepsi tupoksi Kepaniteraan, kedua, merumuskan standar kerja.

Metode evaluasinya, pertama, menghimpun permasalahan administrasi kepaniteraan seluruh satker, evaluasi dilakukan bersama Panitera dan Wakil Ketua PTA Semarang sebagai pemandu dalam memahami permasalahan, kedua, bagaimana pemanfaatan teknologi informasi, yaitu aplikasi Simkara, aplikasi Pendukung SIPP diharapkan menjadi terintegrasi sehingga L1-PA1 hingga L1-PA27 bisa memanfaatkan teknologi IT dan on-line.

Dalam sambutannya Ketua PTA Semarang mengucapkan terimakasih dan sangat mengapresiasi inisiatif para Panitera untuk melakukan evaluasi atas kinerjanya, dimana hal ini menunjukkan tingginya komitmen dalam upaya maju bersama meraih prestasi. “Ini merupakan satu bukti bahwa Jawa Tengah layak menjadi panutan dan teladan, dimana iklim dan suasana kekeluargaan dan kebersamaan yang baik menjadikan banyaknya permohonan mutasi ke Jawa Tengah,” demikian ungkap Ketua PTA Semarang. Lebih lanjut dikemukakan bahwa kondisi sebagaimana saat ini pasti dapat diperbaiki menjadi lebih baik lagi, komitmen untuk maju tersebut sudah ditunjukkan oleh PA Pemalang sebagaimana release Badilag yang sebelumnya berada dalam zona merah dengan nilai 45%, dalam penilaian terakhir sudah melompat berada dalam zona hijau dengan nilai 87,60%. “Dengan menggunakan DIPA 00 masing-masing dengan ikhlas berusaha untuk meraih prestasi bersama-sama, semoga usaha ini mendapat ridlo Allah SWT, sehingga bermanfaat bagi diri pribadi maupun institusi, aamiin,” demikian harapan Ketua PTA Semarang.

IMG 6979                         IMG 6981

Rapat evaluasi yang diikuti seluruh Panitera dan Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama se Jawa Tengah ini berlangsung selama 2 (dua) hari di hotel Olympic, di Jl. Imam Bonjol dekat Stasiun Kereta Poncol Semarang dengan nara sumber Wakil Ketua PTA Semarang, Panitera dan Sekretaris PTA Semarang serta Tim IT “LawangSewu”, “Aplikasi yang telah disusun agar bisa diterapkan dengan cara yang sama sehingga tidak ada perbedaan dan disparitas sehingga bisa terpadu, tersistem, bisa maju bersama sehingga pengadilan yang berprestasi bisa kita raih,” demikian pungkas Ketua PTA Semarang yang selanjutnya membuka acara secara resmi.

Add comment


Security code
Refresh

elektronik sigara
center